Juragan Sawit Terkaya di Indonesia, Siapa Paling Tajir?

Juragan Sawit Terkaya di Indonesia, Siapa Paling Tajir?

Sawit Indonesia telah kondang di dunia, bahkan Indonesia merupakan produsen crude palm oil (CPO) terbesar di dunia. Itu mengapa banyak konglomerat yang terjun ke usaha ini.
Bukan cuma itu, para pebisnis sawit ini masuk ke di dalam jajaran daftar orang terkaya alias tajir melintir di Indonesia versi Forbes. Berikut daftarnya dikutip dari berbagai Sumber.

1. Martua Sitorus

Martua Sitorus berada di peringkat 14 sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun lalu. Menurut knowledge real time billionaires Forbes, selagi ini dia miliki kekayaan bersih sebesar 2,7 miliar dolar AS atau Rp 39 triliun Perusahaan sawit .

Baca:Perjalanan Martua Besarkan Wilmar Hingga Jadi Mafia Migor
Pada 1991, dia bersama bersama Kuok Khoon Hong mendirikan Wilmar. Saat awal berdiri, perusahaan ini miliki tidak cukup dari 10.000 hektare (ha) kebun kelapa sawit di Sumatera Utara.

Perusahaannya tetap berkembang hingga ratusan ribu ha dan tercatat miliki banyak pabrik pengolahan minyak sawit. Orang ter bahkan memperoleh julukan sebagai Raja Minyak Sawit Indonesia.

Wilmar adalah salah satu pemilik perkebunan kelapa sawit terluas di dunia bersama total lahan tanam raih 232.053 ha terhadap akhir tahun lalu. Dari jumlah tersebut, 65 prosen kebut sawit di Indonesia; sekitar 26% di Malaysia timur, dan sisanya atau 9 prosen ada di Afrika.

2. Anthoni Salim

Anthoni Salim duduki peringkat ke-3 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2021. Adapun kekayaannya selagi ini sebesar 8,5 miliar dolar AS atau Rp122,7 triliun.

Sumber kekayaan Anthoni Salim tidak cuma berasal dari produk mi instan, Indomie, namun terhitung dari kelapa sawit.

Diketahui Bisnis kelapa sawit keluarga Salim dijalankan lewat perusahaannya Indofood Agri Resources Ltd. Sementara di bawah Grup Salim, ada lebih dari satu perusahaan yang bergerak di bidang kepala sawit, seperti PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP).

Beberapa tahun ke belakang, Grup Salim mengakuisisi banyak perusahaan kelapa sawit yang sebabkan lahan miliknya jadi semakin luas.

3. Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto berada peringkat ke-21 orang terkaya Indonesia versi Forbes 2021. Kekayaannya selagi ini tercatat sebesar 1,9 miliar dolar AS atau Rp 27,4 triliun.

Dia yang memulai bisnisnya terhadap 1967 sebagai pemasok suku cadang dan pebisnis di bidang jasa konstruksi untuk industri minyak, kini dikenal sebagai konglomerat pemilik grup usaha Royal Golden Eagle International (RGEI) yang dulu dikenal sebagai Raja Garuda Mas yang berbasis di Singapura.

RGEI bergerak di berbagai industri, di antaranya kertas dan pulp (Asia Pacific Resources International Holding Ltd), dan industri perkebunan kelapa sawit (Asian Agri dan Apical).

4. Ciliandra Fangiono

Ciliandra merupakan orang terkaya paling muda di dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun lalu. Pengusaha 45 tahun ini berada di posisi 24. Kekayaannya selagi ini tercatat sebesar 1,83 miliar dolar AS atau Rp 26,4 triliun.

Dia adalah CEO First Resources Ltd, perusahaan yang tercatat di bursa efek Singapura. Perusahaan ini diketahui banyak menguasai ratusan ribu ha lahan sawit di Indonesia.

5. Peter Sondakh

Peter Sondakh berada di peringkat 20 orang terkaya Indonesia versi Forbes 2021. Saat ini, kekayaannya sebesar 2 miliar dolar AS atau Rp28,9 triliun.

Dia Kepala Rajawali Corporas, perusahaan inbestasi yang portofolionya termasuk hotel, media, dan pertambanga. Dia terhitung miliki perusahaan properti Grup Rajawali Property. Selain itu, dia pun miliki Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT).

6. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat berada di posisi 15 orang terkaya versi Forbes tahun lalu. Adapun kekayaannya selagi ini tercatat sebesar 3,4 miliar dolar AS atau Rp 49,1 triliun.

Theodore Rachmat yang akrab dipanggil bersama Teddy ini mendirikan grup Triputra terhadap 1998. Saat ini, grup selanjutnya miliki empat lini bisnis, terhitung agribisnis, manufaktur, dan pertambangan. Dia menjalankan usaha sawitnya lewat PT Triputra Agro Persada.

Leave a Comment