Salah Satu Kampus Terbaik di Indonesia, Telkom University Naik Peringkat

Salah Satu Kampus Terbaik di Indonesia, Telkom University Naik Peringkat

Telkom University terus memetik prestasi sebagai tidak benar satu kampus paling baik di Tanah Air. Tak heran kampus ini pun sesudah itu naik peringkat menjadi kampus paling baik ke lima di Indonesia.

Pada Januari 2020 lalu, Telkom University berada di rangkaian 2.405 dunia. Kemudian pada Juli 2020, kampus yang berlokasi di Bandung ini berada di rangkaian 1.435 dunia dan di peringkat 5 di Indonesia.

Hal itu disampaikan segera oleh Prof Dr Adiwijaya selaku rektor dari Telkom University.

“Selain itu Kemenristek, Telkom University terhitung menjadi PTS no satu di Indonesia versi Webometrics dan sukses memperoleh QStar 2020 bintang lima untuk kategori Online Learning,” ujar Prof Dr Adiwijaya, seperti didalam rilis yang di terima Perpustakaan Telkom University .

Sementara Times Higher Education (THE) yang merupakan instansi pemeringkatan perguruan tinggi dunia menjadikan Telkom University satu di pada sembilan kampus paling baik di Indonesia. Kedelapannya adalah kampus negeri, selagi Telkom University menjadi salah satu kampus swasta yang masuk rankin.

THE terhitung menambahkan poin tertinggi untuk indikator citation atau kutipan. Sementara dari Kemenristekdikti sukses unggul dari akreditasi prodi.

Sebesar 70% Prodi yang tersedia di Telkom University sudah terakreditasi A dan 50% diantaranya terakreditasi secara internasional.

Tak berhenti hingga disitu, Telkom University terhitung sukses memperoleh prestasi lainnya seperti dari Widya Padhi sebagai perguruan tinggi paling baik di bidang inovasi.

Kemudian Telkom University terhitung meraih predikat sebagai kampus terhijau dari pemeringkatan yang dilaksanakan oleh UI Green Metric.

Pada Juli 2020 lalu, Telkom University terhitung tempati peringkat pertama sebagai PTS paling baik di Indonesia versi Webometrics. Sistem ini laksanakan penilaian pada semua kampus paling baik yang tersedia di dunia melalui website.

Terdapat 4 komponen yang dinilai oleh Webometrics ini yakni Presence, Visibility, Transparency (Openness), dan Excellence (Scholar).

Presence dinilai berdasarkan ukuran atau jumlah halaman dari domain website utama institusi bersama dengan bobot 5%.

Komponen visibility dinilai berdasarkan jumlah jaringan eksternal yang mengakses ke halaman website institusi yang mempunyai bobot penilaian 50%.

Komponen Transparency dinilai berdasarkan jumlah kutipan dari 110 author paling atas bersama dengan bobot penilaian sebesar 10%. Sementara untuk komponen Excellence dinilai berdasarkan jumlah makalah yang banyak dikutip selama lima th. bersama dengan bobot 10%.

Dengan segala prestasi yang diraih, Telkom University tentu saja dapat menjadi bahan acuan untuk mahasiswa baru. Karena lebih dari satu besar dari mereka tentu saja menginginkan mengenyam pendidikan di kampus terbaik.

Leave a Comment